Entradas populares

Masalah Kecanduan Internet

    


    Hello para pembaca setia blogger....kali ini saya akan memposting tentang NETOMANIA. Netomania adalah istilah keren dari kecanduan internet. sebagian besar dari orang Indonesia sudah mengalami hal netomania, hal ini karena seringnya menggunakan internet dengan berbagai kebutuhan seperti halnya kebutuhan sosial, game, dan masih banyak lagi.Namun dalam penggunaan ada termasuk unsur ketergantungan akan internet sehingga user merasa gelisah apa bila tidak menggunakan internet dalam sehari saja.


Keberadaan situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter dan munculnya kecenderungan untuk belanja online merupakan fenomena sosial yang bisa dibilang sangat baru. tapi tak banyak yang tahu bahwa sebenarnya kecendrungan semacam ini sudah ada sejak lama dan terkandung dalam gen manusia


Menurut peneliti, secara biologis, kecanduan internet itu sebenarnya memiliki penyebab genetik yang sama dengan kecanduan terhadap rokok. "Namun kondisi genetik ini memiliki sejumlah varian dan ternyata varian genetik yang mendasari kecanduan internet lebih banyak ditemukan pada wanita. Hal ini bisa terjadi akibat ketergantungan terhadap fitur-fitur yang dimiliki teknologi itu seperti jejaring sosial atau situs belanja online," terang Dr. Montag seperti dilansir dari telegraph, Selasa (4/9/2012).

Dr. Montag dan rekan-rekannya menyimpulkan hal ini setelah mewawancarai lebih dari 800 orang terkait perilaku internet mereka, termasuk seberapa sering mereka memikirkannya dan seberapa besar dampak yang dirasakan jika mereka menolak perilaku tersebut. Kemudian peneliti mengamati perubahan genetik pada sekelompok kecil partisipan berjumlah 132 orang yang tampaknya mengalami kecanduan terberat pada internet dan membandingkan mereka dengan kelompok yang sehat dan tidak mengalami kecanduan apapun.Hasilnya, peneliti menemukan bahwa 132 partisipan tersebut memiliki varian genetik yang sama. Uniknya, varian genetik ini juga dapat dikaitkan dengan kecanduan terhadap nikotin atau rokok.

Meski begitu, peneliti mengaku studi lebih lanjut tentang hal ini masih sangat dibutuhkan. "Temuan kami ini menunjukkan bahwa ada indikasi yang jelas tentang penyebab genetik dari kecanduan internet. Padahal jika keterkaitan ini dapat dipahami secara lebih baik maka kita dapat mengupayakan terapi pengobatan yang lebih baik juga," tutupnya.



Berikut adlah ciri - ciri dari orang yang kecanduan internet yang bisa kita amati dalam tingkah lakunya sehari – hari


  1. Keasyikan dengan internet dengan tujuan tertentu yang orang lain tidak boleh tahu. Biasanya anak akan merahasiakan saat ditanya orang tua, “Lagi ngapain sih di internet?”
  2. Bersikap defensive untuk berlama-lama online. Mereka akan marah jika waktu online-nya dibatasi.
  3. Mulai memakai uang jajan atau uang untuk kebutuhan penting lain demi bisa online atau membeli gadget baru.
  4. Gagal mengontrol perilaku, termasuk perilaku agresif
  5. Mengalami euphoria setiap kali terlibat pada segala hal yang menyangkut komputer atau aktivitas internet.
  6. Tak bisa mengatur waktu online
  7. Mengorbankan waktu tidur demi bisa online.
  8. Marah saat koneksi internet terputus.
  9. Memeriksa email atau pesan online secara kompulsif sepanjang hari.
  10. Tetap berusaha online walau sedang waktunya sekolah atau belajar.
  11. Lebih senang menghabiskan waktu online ketimbang bersama teman atau keluarga
  12. Tidak tertarik melakukan aktivitas di dunia nyata
Nah sekarang apakah anda termasuk ciri - ciri seperti di atas..? apabila anda memiliki salah satu ciri di atas maka sebaik nya anda itropeksi diri dan merubah kebiasaan buruk anda. Kita boleh saja memakai fasilitas internet selama itu masih dalam batas wajar. Ingat internet hanyalah dunia maya, maka pergunakanlah seperlunya saja. Kita memiliki dunia nyata yang jauh lebih penting ketimbang hanya duduk seharian di depan PC atau laptop. Banyak pekerjaan yang kita tinggalkan atau kita tunda, seperti shalat, tugas, dan lain - lain.

Namun jangan takut di postingan kali ini saya juga memaparkan tentang kiat - kiat untuk mengatasi kecanduan internet.


Pertama Cari tahu masalahnya.
Jika Anda menggunakan internet sebagai pelarian dari masalah depresi, gelisah atau masalah hubungan, bukan internet tempat pelariannya. Memanfaatkan internet sebagai tempat pelarian hanya akan membuat Anda semakin candu dengan internet. Psikoterapi bisa menjadi alternatif solusinya. Disana Anda bisa belajar keahlian bagaimana memanajemen stres dengan baik.

Kedua Kenali pemicunya.
Menjadi seorang pecandu internet tentu karena dipicu suatu hal. Cari tahu dan kenali pemicunya. Apakah Anda bosan, stres atau kesepian? Jika hal tadi yang menjadi penyebabnya, coba buat daftar cara alternatif untuk mengatasi perasaan itu misalnya dengan jalan-jalan bersama teman

Ketiga Kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan berlama-lama di internet.
Bagi yang sudah keranjingan dengan internet, cobalah untuk mengurangi sedikit demi sedikit kebiasaan Anda 'bergaul' terlalu lama dengan internet. Misalnya, jika Anda menghabiskan waktu 10 jam sehari di internet, coba kurangi 2 jam saja untuk melakukan kegiatan yang lain seperti rekreasi, ngobrol dan berkumpul dengan keluarga, atau kegiatan sosial lainnya.

Keempat Ubah pola kebiasan online.
Salah satu cara untuk mengurangi ketergantungan internet adalah dengan mengubah pola kebiasaan ber-internet. Terbiasa menonton film online? Coba ubah kebiasaan itu dengan cara pergi ke bioskop. Menelepon langsung orang yang kita cari lebih baik ketimbang mengirimkan e-mail. Atau, ubah kebiasaan Anda berbelanja secara 'maya' di internet dengan cara berbelanja langsung ke toko-toko nyata.

Terakhir Atur ulang jadwal rutinitas
Jika Anda biasanya memeriksa e-mail pada pagi hari setelah bangun tidur, coba periksalah e-mail tersebut setelah sarapan. Tak adal salahnya menikmati waktu sarapan bersama keluarga karena bisa mempererat keharmonisan hubungan. Jika sepulang dari kantor biasanya Anda langsung nongkrong di internet, tunggulah sampai setelah makan malam. Sambil menunggu makan malam Anda bisa berleyeh-leyeh di sofa sambil mendengarkan musik mungkin? 

Semoga postingan kali ini bermanfaat bagi para pembaca dan juga dapat mengurangi pengaruh buruk internet dalam kehidupan kita sehari - hari jangan sampai kita terlena akan kehidupan di dunia maya dan melupakan kehidupan di dunia nyata... Salam Blogger


referensi 
health.detik.com [Senin, 22 Oktober 2012 Pukul 1036]
inet.detik.com [Senin, 22 Oktober 2012 Pukul 10.40]
ictwatch.com [Senin, 22 Oktober 2012 Pukul 10.42]

¡Compártelo!

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Buscar

 

About

Rahman's Blog Copyright © 2011 | Tema diseñado por: compartidisimo | Con la tecnología de: Blogger